Teks Eksplanasi tentang '' Bencana Alam - Angin Puting Beliung ''


Teks Esplanasi bencana alam tentang :

Angin Puting Beliung
Angin Puting Beliung adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Angin Puting Beliung muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.
         Penyebab Terjadinya Angin Puting Beliung disebabkan karena Udara panas dan dingin bertemu, sehingga saling bentrok dan terbentuklah puting beliung. Selain itu juga karena didalam awan terjadi arus udara naik ke atas yang kuat. Hujan belum turun, titik-titik air maupun Kristal es masih tertahan oleh arus udara yang naik ke atas puncak awan.
         Proses terjadinya angin puting beliung, biasanya terjadi pada musim pancaroba pada siang hari suhu udara panas, pengap, dan awan hitam mengumpul, akibat radiasi matahari di siang hari tumbuh awaDenpasar vertikal, selanjutnya di dalam awan tersebut terjadi pergolakan arus udara naik dan turun dengan kecepatan yang cukup tinggi. Arus udara yang turun dengan kecepatan yang tinggi menghembus ke permukaan bumi secara tiba-tiba dan berjalan secara acak.
Kebanyakan puting beliung mempunyai angin selaju 175 km/j atau kurang, dengan lebar 250 kaki (75 meter), dan bergerak beberapa kilometer sebelum "lenyap". Walau bagaimanapun, setengah puting beliung mempunyai angin selaju 480 km/j, dengan lebar lebih daripada (1.6 km), dan boleh bergerak melebihi 100 kilometer.
        Angin puting beliung juga mengakibatkan rusaknya rumah dan infrastuktur daerah,menimbulkan korban jiwa, rusaknya kebun – kebun warga , kerugian material , banyak puing – puing dan sampah yang terbawa 
Puting beliung seringkali terjadi semasa hujan deras diserta petir angin kuat dan mendatangkan banyak kerusakan kepada apasaja yang disentuhnya. Satu  tahun, banyak nyawa yang menjadi korban akibat puting beliung.

By : Sri Chandra Pawitri ☺
             : SMPN 3 Denpasar / SMAN 2 Denpasar
             : VII G / XI IPA 7


Komentar

  1. Bagus teks nya :) Izin copy ya buat tugas hehe=D

    BalasHapus
  2. Saya mohon izin buat copy ya
    Ada tugas

    To TS : makasih

    BalasHapus
  3. izin copy buat materi tugas yaaa makasiih

    BalasHapus
  4. aku juga ya copy.. thank's a lot!!

    BalasHapus
  5. Thanks ya..

    For TS : HEBAT BAGUS BANGET😆

    BalasHapus
  6. Makasih ya kakak lagi butuh :D
    @Muh Ivan Al Azhar

    BalasHapus
  7. Urwell guys 😊
    Thanx for visit my blog yap 💖

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. Ijin copy buat tugas ya gan...

    BalasHapus
  10. alhamdulillah, terimakasih ...
    ini sangat membatu tugas saya, izin copas :)

    BalasHapus
  11. minta izin buat ngopy ya gan

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. izin. copy edit. hanya untuk tugas

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  16. Terima Kasih untuk responnya 😃

    BalasHapus
  17. awadenpasar vertikal itu apa ya??

    BalasHapus
  18. terima kasih ya kak ijin copy ya:)

    BalasHapus
  19. This comprehensive guide will delve into Mini Bernedoodles Texas, exploring their temperament, size, grooming needs, and more. Whether you’re a beginner dog owner or a seasoned enthusiast, this resource will provide valuable insights. Read more... https://readusmore.com/characteristics-of-male-female-mini-bernedoodle-texas-complete-guide-for-beginners/

    BalasHapus
  20. So, if you want a proper idea about these valves, discover which valve suits your needs best – the versatile globe valve or its sturdy counterpart, the gate valve. Read more... https://www.nitrnd.com/blogs/54924/Globe-Valves-vs-Gate-Valves-Which-One-Suits-Your-Needs

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini